SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA FINLANDIA
Dosen Pembimbing : Ali Murtadho, M.S.I
Disusun oleh
Anita Maya Sari 1411030007
Jur/kls/smstr : MPI/A/III
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
TAHUN 2015/2016
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar berperan aktif dan
positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang. Berbicara tentang sistem pendidikan, Finlandia memiliki
kualitas pendidikan yang tinggi, dan bahkan terbaik secara internasional.
Selain itu, biaya pendidikan di Finlandia tergolong murah dan terjangkau bila
dibandingkan dengan Inggris atau Amerika, Oleh karena itu, saya bermaksud membahas mengenai pendidikan
di finlandia untuk mengetahui bagaimana Negara Finlandia menyiapkan pendidikan
bagi penduduknya dan mengetahui bagaimana struktur pendidikan Finlandia, serta
mengetahui bagaimana guru di Finlandia.
Diharapkan
dari penulisan makalah ini dapat menjadi inspriasi bagi para pembaca untuk
meningkatkan wawasan yang
dapat dijadikan contoh untuk meningkatkan
sistem pendidikan di negara Indonesia tercinta.
B. Rumusan Masalah
a. Dimanakah letak Negara Finlandia ?
b. Bagaiamanakah sistem Perekonomian di Negara
Finlandia ?
c. Bagaiamakah sistem pendidikan di Negara
Finlandia ?
d. Bagaiamanakah gaji dan profesi guru di
Finlandia ?
C. Tujuan penulisan
Adapun
tujuan penulisan makalah ini agar kita lebih memahami sistem pendidikan di
negara finlandia sebagai negara yang memiliki pendidikan terbaik didunia serta
kita dapat mengetahui finlandia dari segi letak geografis politik, dan ekonomi dari negara Finlandia. .
Sehingga dapat dijadikan panutan untuk kita sebagai warga negara Indonesia
untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Letak Negara Finlandia
Finlandia adalah sebuah negara skandinavia. Telephone genggam nokia
berasal dari negara ini. Finlandia adalah negara di eropa utara dan anggota
dari uni eropa. Finlandia juga termasuk negara nordik. Mata uang negara ini
adalah euro yang sebelumnya memakai mata uang yang bernama marka. Ibukota
negara finlandia adalah Helsinki. Kota –kota terpenting lainnya adalah Espoo,
Tempere, Vantaa, Turku, Oulu, Lahti, Kuopio, dan jyvaskyla. Finlandia juga
merupakan walfare state yang berarti pajak yang besar bagi setiap orang.
Sebagai gantinya, kesejahteraan yang cukup terjamin disana. Bentuk negara ini
adalah Republik parlementer dengan luas wilayah 338.145 km2 yang dihuni oleh sekitar 5.211.311 juta jiwa.
Pemerintah lokal Finlandia terdiri dari 12 provinsi. Finlandia
mempunyai bahasa resmi finlandia dan swedia. Tanggal bersejarah negara ini pada
tanggal 6 desember 1917 . Finlandia
dikuasai oleh Swedia selama 700 tahun kemudia dilanjutkan dengan Negara Rusia
selama 100 tahun. Negara ini merupakan
negara demokrasi multipartai yang stabil.
B.
Perekonomian
Negara Finlandia
Negara
Finlandia memiliki pendapatan per kapita sebesar $51.588. perekonomian negara
ini terutama dan teristimewa dibidang teknologi, berorientasi ekspor.
Perekonomian didukung oleh ekonomi tradisional yang sebagian besar bersumber
dari produk kayu. Finlandia mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat sejak akhir
tahun 1990-an. Finlandia mempunyai hutang negara sebesar 33,7% dari PDB.[2]
C.
Sistem
Pendidikan Negara Finlandia
Di Finlandia anggaran pendidikan mendapat prioritas utama ,
meskipun bukan yang tertinggi diantara Negara-negara Eropa lainnya. Pada tahun
2003 anggaran pendidikan di Finlandia mencapai 5,9 Miliar. Leo Pahkin selaku
Konselor Pendidikan dari Badan Pendidikan Nasional Finlandia, terus memacu
pendidikan di Finlandia yang dianggap sebagai aset kemajuan bangsa. Kegiatan
sekolah di finlandia Rata-rata 30 jam per minggu berarti hanya 6 jam perhari.[3]
Proses belajar mengajar berjalan 2 arah. Suasana sekolah boleh dibilang jadi
lebih cair, fleksibel, dan menyenangkan dan efektif.
Siswa di finlandia juga diarahkan mampu mengevaluasi
secara mandiri hasil belajar masing-masing hal itu diterapkan sejak dini/pra
–TK. Mereka didorong bekerja secara individu. Tak peduli apapun hasilnya. ‘’ini
akan membantu siswa untuk belajar bertanggung jawab atas pekerjaan mereka
sendiri. Sistem pendidikan dinegara ini dijalankan sangat demokratis Penekanan
belajar fokus pada proses bukan pada hasil belajar. Remedial tidak dianggap
sebagai kegagalan tetapi untuk perbaikan sedangkan PR dan ujian tidak harus
dikerjakan dengan sempurna yang penting murid menunjukkan adanya usaha. Tidak
ada sistem peringkat sehingga siswa merasa percaya diri dan nyaman terhadap
dirinya. Sistem peringkat dipandang hanya membuat guru terfokus pada
murid-murid terbaik saja, Bukan kepada seluruh murid.[4]
Sebuah penelitian yang baru saja didirikan menunjukkan
bahwa anak dapat belajar dengan lebih baik
ketika mereka dibiarkan belajar dalam tempo yang lebih pelan. Negara-negara
yang pernah melakukan pendekatan lambat terhadap pendidikan. Kini sudah menuai
hasilnya. Di Finlandia anak-anak memulai pendidikan prasekolah pada usia enam
tahun kemudian pendidikan formal atau wajib dasar 9 tahun pada usia 7 tahun yang terdiri dari 6 tahun pendidikan dasar
dan 3 tahun pendidikan menengah pertama selanjutnya pendidikan menengah atas
atau sekolah kejuruan yang ditempuh selama 3 tahun yang dilanjutkan dengan
pendidikan tinggi. Selain
itu mereka menghadapi sedikit sekali ujian dengan standar tinggi yang menekan.
Hasilnya Finlandia secara rutin menduduki posisi puncak organisasi bagi kerja
sama ekonomi dan pembangunan (OECD-Organization For Economic Cooperation and
Development ) suatu prestasi dunia yang bergengsi bagi kinerja di bidang
pendidikan dan kesusastranegaraan.[5] Prestasi yang diraih siswa finlandia ini Karena :
1.
Sistem pendidikan di finlandia tidak mengenal ujian
nasional dan sistem ranking untuk siswa. Sejak usia prasekolah, siswa didorong
untuk bertanggung jawab dan independen dengan berusaha mencari informasi.
2.
Target pembelajaran dibuat sendiri oleh siswa dengan
bantuan orang tua siswa. Memahami belajar sebagai proses bertahap yang tidak
bisa dipaksakan apalagi diberi target waktu pencapaian. Kurikulum finlandia
mengedepankan integrasi antara teori dan praktik terutama dalam pelajaran sains
sehingga siswa dapat belajar banyak mengenai problem solving.
3.
Siswa boleh memilih pelajaran apa yang mereka rasa perlu
didahulukan. (tidak terpusat pada kelas tertentu). Pemerintah finlandia
mewajibkan setiap sekolah untuk menyediakan fasilitas bimbingan konseling. Finlandia
juga sangat memperhatikan asupan gizi bagi siswanya.
4. Buku pelajaran disediakan pemerintah, kemudian
profesi guru sangat dihargai karena seleksi masuk sekolah guru amatlah ketat. Guru
menghindari kritik negarif kepada siswa.
5. Sistem pendidikan di finlandia adalah gabungan
antara kompetensi guru yang tinggi, kesabaran, toleransi, dan komiten pada keberhasilan
melalui tanggung jawab pribadi.[6]
Reformasi pendidikan yang dilakukan oleh finlandia
meliputi Revolusi sistem
pendidikan Finlandia dimulai sejak tahun 1968, ketika pemerintah memutuskan
untuk menghapus sistem pendidikan berjenjang (parallel school system / PSS) dan
menggantikannya dengan sistem pendidikan wajib dasar nasional 9 tahun. sejak tahun 1979, seorang guru untuk dapat mengajar di
jenjang pendidikan wajib dasar 9 tahun haruslah seorang sarjana strata-2
(magister) di bidang pendidikan (Master of Arts on Education). Tahun 1985 merupakan penerapan sistem desentralisasi pendidikan di
Finlandia.Pada tahun 1990-an Pemerintah
Finlandia menerapkan sistem evaluasi pendidikan (education evaluation system).[7]
D.
Profesi Guru di Finlandia
Tidak mudah menjadi guru disana. Untuk kuliah di jurusan pendidikan
saja, seseorang harus bersaing sangat ketat. Fakultas pendidikan menjadi
fakultas paling bergengsi dibandingkan fakultas lainnya. Guru di Finlandia
dipilih dari lulusan 10 perguruan tinggi terbaik di finlandia Dimana semua guru
wajib menempuh pendidikan master.
Rata rata gaji guru di finlandia adalah $2.33 perbulan[8].Negara
dan rakyat finlandia menempatkan guru sebagai profesi terhormat. Guru guru di Finlandia dibebaskan menyusun kurikulum
dan silabus sesuai visi dan misi sekolah dengan kreatif, mereka merancang buku
teks yang aplikatif. Mereka
juga menggunakan strategi belajar mengajar yang beragam dengan memperhatikan
multiple intelligence semua siswa. Guru juga menentukan model evaluasi dan penilaian
setiap aktivitas belajar mengajar. Dampak dari otonomi tersebut menjadikan guru guru di
Finlandia sangat bertanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan para
siswanya.[9]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Finlandia adalah negara di eropa utara dan anggota dari uni eropa.
Finlandia juga termasuk negara nordik. Bentuk
negara ini adalah Republik parlementer dengan luas wilayah 338.145 km2 yang
dihuni oleh sekitar 5.211.311 juta jiwa. Mata
uang negara ini adalah euro Ibukota negara finlandia adalah Helsinki. Di
Finlandia anak-anak memulai pendidikan prasekolah pada usia enam tahun kemudian pendidikan formal atau wajib dasar 9 tahun pada usia 7 tahun yang terdiri dari 6 tahun pendidikan dasar
dan 3 tahun pendidikan menengah pertama selanjutnya pendidikan menengah atas
atau sekolah kejuruan yang ditempuh selama 3 tahun yang dilanjutkan dengan
pendidikan tinggi. Sistem pendidikan dinegara ini dijalankan
sangat demokratis. Penekanan belajar fokus pada proses bukan pada hasil
belajar. Guru di
Finlandia dipilih dari lulusan 10 perguruan tinggi terbaik di finlandia dimana
semua guru wajib menempuh pendidikan master. Dengan rata rata penghasilan guru adalah $2.33 perbulan.
B. Saran
Saya
berharap agar setelah membaca makalah ini, pembaca
dapat menambah wawasan nya
mengenai sistem pendidikan di finlandia yang di katakan sebagai sistem
pendidikan terbaik
KOMENTAR PENULIS
Menurut Saya, sangat wajar bila Negara Finlandia disebut
sebagai Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Hal tersebut karena
negara ini sangat memperhatikan pendidikan negara nya dan beranggapan bahwa
sistem pendidikan negara merupakan sarana aset kemajuan bangsa dengan berupaya
menberikan pendidikan gratis untuk rakyat finlandia pada semua jenjang
pendidikan hanya saja ada bagian bagian tertentu yang wajib dibayar sendiri
seperti saat ujian matrikulasi (UN seperti di Indonesia). Tidak hanya itu
pemerintahan finlandia juga sangat memperhatikan asupan gizi rakyat finlandia
yaitu dengan memberikan makan gratis saat anak anak finlandia duduk dijenjang
pendidikan prasekolah.
Sistem pendidikan di Finlandia juga dilakukan secara
santai dan fleksibel memungkinkan anak –anak akan merasa nyaman tanpa adanya
rasa takut akan sebuah persaingan. di Finlandia tidak ada penggunaan sistem ranking,
karena dianggap hanya akan menimbulkan pemusatan perhatian oleh guru dan menimbulkan
persaingan yang tidak sehat oleh anak murid. Dan uniknya sistem pendidikan di
Finlandia ini Juga hanya dilakukan nya 1 kali ujian matrikulasi saat mereka
berumur 16 tahun pada jenjang pendidikan menengah atas. Dan juga anak-anak akan
diberikan kebebasan untuk menentukan mata pelajaran yang harus dujikan. Karena
sistem pendidikan di Finlandia menekankan pada proses pembelajaran dibandingkan
hasil dari pada belajarnya. Baik anak murid maupun guru masing masing diberikan
tanggung jawab untuk melakukan tugasnya dengan baik seperti hal nya, anak murid
bertanggung jawab pada tugasnya selaku pelajar dengan berusaha mencari
informasi sendiri hal ini dilakukan sejak anak duduk di jenjang pendidikan
prasekolah dan memilihi mata pelajaran sendiri untuk diujikan saat matrikulasi.
Untuk kurikulum sendiri kurikulum di finlandia tidak
pernah berubah menjadikan kurikulum tersebut benar benar matang untuk
diterapkan serta di Finlandia tidak pernah membeda-beda kan antara siswa satu
dengan siswa yang lain tidak pernah ada kelas-kelas unggulan dan lain
sebagainya. Semua siswa masuk dalam kelas yang sama. Bandingkan dengan
Negara-negara lain yang sering membuat kebijakan untuk diadakannya kelas
regular/irregular, kelas unggulan maupun sebagainya. Hal ini tidak dilakukan
oleh negara Finlandia sendiri karena hal ini hanya membuat adanya persaingan
yang tidak baik dan tidak optimalnya peran seorang guru.
Sedangkan bagi Guru, Guru diberikan kebebasan untuk menyusun
kurikulum dan silabus sesuai dengan visi misi sekolah serta diberikan
keleluasan untuk menentukan model pengajaran dan evaluasi pada proses belajar
mengajar hal ini dilakukan karena dianggap hanya gurulah yang mengetahui
karakteristik masing masing siswa nya.
Untuk menjadi guru disana bukanlah perkara yang mudah karena guru harus merupakan
lulusan dari 10 universitas terbaik disana. Masuk fakultas pendidikan pun
sangatlah ketat melebihi fakultas kedokteran. Hal ini malah berbanding terbalik
pada yang ada di Indonesia. Karena persaingan yang ketat itulah menjadi awal
sistem pendidikan di finlandia menjadi terbaik. Karena dengan adanya kualitas
guru yang tinggi maka akan melahirkan siswa yang berkualitas pula. Dengan kata
lain keberhasilan sistem pendidikan di finlandia karena adanya tanggung jawab
yang benar-benar di pegang teguh yang berkaitan dengan tugas nya selaku baik
pengelola pendidikan maupun yang dikelola (murid) untuk menerapkan sistem
pendidikan yang baik.
DAFTAR PUSTAKA
Dianawati Ajen, 2006. RPUL Dunia, Jakarta, PT Wahyu Media.
Farida Anna, Rois Suhud, Ahmad Edi S. 2011. Sekolah Yang Menyenangkan (metode kreatif mengajar dan
pengembangan karakter siswa) Bandung, Nuansa Cendekia.
Honore Carl. 2006. In Praise of Slow (sepuluh
mitos keliru tentang kecepatan), Yogyakarta, B-
first.
http://www.kemlu.go.id/helsinki/Pages/TipsOrIndonesiaGlanceDisplay.aspx?IDP=2&IDP2=4&l=id diakses pada hari jumat tgl 25 desember 2015 pukul
22:08.
Mandryk, 2013. Operation World: Panduan
untuk Mendoakan Semua Bangsa di Dunia [Edisi ke-7], Gloria, Katalis Media
& Literature.
Munif Chatib, 2012. Gurunya Manusia, Jakarta,
Kaifa.
Tolong di masukkan footnote nya Please
BalasHapus1xbet korean sports betting review with no bonus code
BalasHapus1xbet korean sports betting review with no bonus kadangpintar code. The only reason you need an NGN 1xbet korean will not find this site in your website is 메리트 카지노 주소 that there is no code you can
Betway Casino and Resort Spa - Mapyro
BalasHapus› en-us › poker 속초 출장마사지 › en-us › 안동 출장마사지 poker Casino and Resort Spa 평택 출장안마 is located in Casino and offers an outdoor pool, free WiFi 포천 출장마사지 and a casino. The 대구광역 출장마사지 casino also offers a live casino, live poker and